TRIGONOMETRI siapa bilang susah

TRIGONOMETRI

Kali ini saya coba berikan trik untuk menentukan nilai-nilai sinus, cosinus, tangen, dan cotangen sudut lancip dari sudut dibawah 360.
Cara yang digunakan yang diajarkan sekolah sebagai berikut :
Kuadran II :
sin (180 – a) = sin a
cos (180 – a) = – cos a
tan (180 – a) = – tan a
dst pokoknya bikin banyak siswa BT deh,
contoh
cos 230 = cos (180 + 50) = – cos 50
sin 120 = sin (90 + 30) = cos 30
tan 330 = tan (270 + 30) = cotan 60

nah sekarang ada juga trik yang berbeda
cos 230 = – cos 50 (karena di kuadran 3 cos negatif)
(2+3 =5)
sin 120 = cos 30
(1+2 = 3)
Simple bukan, kamu hanya menjumlahkan angka pertama ke angka ke dua saja, tapi
kamu harus memenuhi syarat-syarat dibawah ini :
1. Jika angka pertama ganjil, gunakan kebalikannya, jika sinus maka menjadi
cosinus, jika cosinus menjadi sinus, tangen menjadi cotangen
2. Untuk tanda positif dan negatifnya disesuaikan dengan kuadrannya

kalo belum jelas, bisa kirim email ke mustofarayhan@yahoo.com atau fb: dadan haedar rauf

Advertisements

2 thoughts on “TRIGONOMETRI siapa bilang susah

  1. Itu cos 230 hasilnya bukannya – cos 50 ya??

    kan cos 230= cos(360-230) = cos 130
    cos 130 = cos (180-130) = – cos 50
    Karena (180-a) itu kan kuadran 2 jadinya yang positif hanya sin aja.
    Iya kan??
    Maaf kalo sok tau,haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s