TRIK Perkalian 5, 25 juga 125

A. Perkalian 5

Perkalian terhadap 5 sebetulnya sama aja dengan perkalian terhadap 10 kemudian dibagi 2

terkadang lebih mudah bagi kita menghitung perkalian terhadap 10 kemudian kita bagi 2

(catatan perkalian terhadap 10 hanya menambah angka nol saja)

contoh:

24 x 5 = (240/2)=120

8642 x 5 = (86420 / 2) = 43210

sederhana kan terutama jika bilangan yang dikalikan merupakan paduan bilangan genap

 

B. Perkalian 25

Perkalian terhadap 25 sebetulnya sama aja dengan perkalian terhadap 100 kemudian dibagi empat.

(catatan perkalian terhadap 100 semudah menambah nol sebanyak dua dan pembagian oleh empat bisa juga dilakukan dengan pembagian oleh 2 sebanyak dua kali)

contoh:

84 x 25 = (8400/4) = (4200/2)=2100

486×25= (48600 / 4) = (24300 / 2)=12150

gimana lebih sederhana kan

semoga trik ini bisa dipahami, kalo ga paham isi comment aja nanti akan coba saya benahi penjelasannya

 

C. Perkalian 125

untuk perkalian 125 tentu sahabat-sahabat sudah paham dan bisa menyimpulkan gimana triknya he he mikir dikitlah

salam PAS (Pera Aoleng Sakonni)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s