Kisi-kisi UN Matematika SMA Prog IPA

Kisi-kisi UN Matematika SMA Program IPA

1. Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkarannya,
menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk dan pernyataan
berkuantor, serta menggunakan prinsip logika matematika dalam
pemecahan masalah

indikator:

a. Menentukan penarikan kesimpulan dari beberapa
premis.

b. Menentukan ingkaran atau kesetaraan dari pernyataan
majemuk atau pernyataan berkuantor.

2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, fungsi kuadrat, fungsi
eksponen dan grafiknya, fungsi komposisi dan fungsi invers, sistem
persamaan linear, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, persamaan lingkaran dan persamaan garis singgungnya, suku banyak, algoritma sisa dan teorema pembagian, program linear, matriks dan determinan, vektor, transformasi geometri dan komposisinya, barisan dan deret, serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah.

indikator:

a. Menggunakan aturan pangkat, akar dan logaritma.
b. Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat.
c. Menyelesaikan masalah persamaan atau fungsi kuadrat dengan menggunakan diskriminan.
d. Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan sistem persamaan linear.
e. Menentukan persamaan lingkaran atau garis singgung lingkaran.
f. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema sisa atau teorema faktor.
g. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan komposisi dua fungsi atau fungsi invers.
h. Menyelesaikan masalah program linear.
i. Menyelesaikan operasi matriks.
j. Menyelesaikan operasi aljabar beberapa vektor dengan syarat tertentu.
k. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan besar sudut atau nilai perbandingan trigonometri sudut antara dua vektor.
l. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan panjang proyeksi atau vektor proyeksi.
m. Menentukan bayangan titik atau kurva karena dua transformasi atau lebih.
n. Menentukan penyelesaian pertidaksamaan eksponen atau logaritma.
o. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi eksponen atau fungsi logaritma.
p. Menyelesaikan masalah deret aritmetika.

g. Menyelesaikan masalah deret geometri.

3. Memahami sifat atau geometri dalam menentukan kedudukan titik, garis, dan bidang, jarak dan sudut.
indikator :

Menghitung jarak dan sudut antara dua objek (titik,
garis dan bidang) di ruang.

4. Memahami konsep perbandingan fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri, melakukan manipulasi aljabar untuk menyusun bukti serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah.

indikator:

a. Menyelesaikan masalah geometri dengan menggunakan aturan sinus atau kosinus.

b. Menyelesaikan persamaan trigonometri.

5. Memahami konsep limit, turunan dan integral dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri, serta mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah.

a. Menghitung nilai limit fungsi aljabar dan fungsi trigonometri.
b. Menyelesaikan soal aplikasi turunan fungsi.
c. Menentukan integral tak tentu dan integral tentu fungsi aljabar dan fungsi trigonometri.
d. Menghitung luas daerah dan volume benda putar
dengan menggunakan integral.

6. Mengolah, menyajikan dan menafsirkan data, mampu memahami
kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi dan peluang kajadian serta mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah.

a. Menghitung ukuran pemusatan dari data dalam bentuk tabel, diagram atau grafik.
b. Menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan kaidah pencacahan, permutasi atau kombinasi.
c. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.

untuk lebih jelasnya semua mapel dari sd s/d smk klik  aja linknya KISI-KISI UN 2012

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s