KURIKULUM 2013 Sebuah SOLUSI ataukah Masalah Baru

New haedarBagi kaum Pesimistis perubahan seringkali menjadi hal yang menakutkan, karena yang dibayangkan terlebih dahulu dengan adanya Kurikulum 2013 berarti harus ada buku Baru, pelajaran baru atau sesuatu yang belum familier. Padahal sesungguhnya kurikulum ini dirubah intinya ingin lebih mendasarkan pada kompetensi yang harus dimiliki siswa.

memang perubahan ini tidak lah segampang itu, segalanya harus kita rubah, mulai dari persepsi guru, sekolah murid ataupun orang tua.

Guru seringkali bermalas-malasan ketika ada perubahan, padahal intinya perubahan ini untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya sebagai seorang guru. Dengan kurikulum baru guru benar-benar harus mencermati kompetensi yang harus diajarkan serta mengukur ketercapaiannya dengan tepat. Guru harus sadar bahwa dirinya harus terus meningkatkan kompetensi dan bahwasanya sumber pembelajaran bukan hanya dirinya.

Bagi sekolah haruslah disadari bahwa kurikulum menuntut agar sekolah mampu memfasilitasi murid agar mencapai kompetensi tersebut, melalui perbaikan sarana, pengaturan jam dan pembinaan guru agar menguasai kompetensi yang akan ditularkannya.

Murid haruslah merubah perilaku ketergantungan terhadap guru, dengan berfikir lebih mandiri, bebas dan inovatif. pusat belajar haruslah di tangan murid, sehingga murid menyadari dengan sepenuh hati kapan dirinya kompeten. sumber belajar tidak hanya guru semata, murid harus mencari masukan dari lingkungan, teman ataupun dunia maya.

orang tua pun harus memahami bahwa dalam upaya mencapai kompetensinya siswa harus diberikan ruang untuk berfikir, berkreasi dan berinovasi.

Pemerintah juga harus mempersiapkan kurikulum ini dengan baik, dan juga disertai program pembinaan gurunya, perbaikan sarana sekolah serta penyedian buku atau literatur yang mensupport itu

karena itu mulailah dengan memahami kurikulum lebih baik dari membaca

1. Bahan Sosialisasi Kurikulum 2013

2. Kompetensi Inti dan Dasar Kurikulum 2013 untuk SMP dan SMA

3. Naskah Pengembangan Kurikulum 2013.

4. Presentasi Pengembangan Kurikulum 2013

semoga kita semua bukan lah makhluk pengecut yang takut dengan perubahan dan mampu memberikan pengajaran yang baik agar siswa benar-benar mencapai kompetensi yang diharapkan

Download aja dengan Klik pada dokumen yang kamu inginkan!

Salam Perubahan

Dadan Haedar Rauf

2 pemikiran pada “KURIKULUM 2013 Sebuah SOLUSI ataukah Masalah Baru

  1. thank untuk informasinya, boleh dong minta contac personnya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s