DOA SUKSES UN

Kumpulan Doa agar Sukses UN

doa belajar

 

Ujian Nasional atau sering disingkat UN ini merupakan salah satu langkah dari pemerintah Indonesia yg diambil untuk mendapatkan hasil Evalusi dari Siswa Siswi yg sedang menjalani kegiatan pendidikan baik di tingkat SD, SMP dan SMA di seluruh Indonesia. Jenis Evaluasi Nilai Ujian Nasional ini sendiri dilakukan dg mengerjakan Soal – Soal Ujian seperti Ujian Sekolah pada umumnya, hanya saja Ujian Sekolah dilakuan ketika seorang Siswa atau Siswi sudah masuk kelas VI, IX dan XII.

Bisa disimpulkan bahwa Ujian Nasional merupakan salah satu momen yg sangat penting dan menegangkan bagi para Siswa Siswi yg sedang menjalaninya sehingga anda harus benar – benar mempersiapkan segala sesuatunya agar Ujian Nasional yg anda kerjakan Sukses serta Lulus dg hasil yg memuaskan. Oleh karena itu disini kami akan mencoba untuk memberikan ulasan tentang Doa Sebelum Ujian Nasional di Ajaran Islam kepada kalian semua para siswa siswi Muslim ditanah air.

Doa ini dibaca dan tetap dengan melakukan ihtiar belajar yang rajin dan sungguh-sungguh.

BEKAL DOA DAN MUJAHADAH

Gunakan waktu-waktu ijabah(mustajab) bersama kedua orang tua untuk mujahadah dan berdoa.

Waktu-waktu yang ijabah antara lain :

  1.  Sepertiga terakhir dari malam hari.
  2.  Waktu adzan (dikumandangkan).
  3.  Diantara adzan dan iqomah.
  4.  Selesai sholat fardhu.
  5.  Waktu imam naik mimbar hingga selesai sholat pada hari itu.
  6.  Pada jam-jam terakhir setelah sholat Ashar.

Mujahadah adalah kesungguhan dalam melakukan sesuatu dalam mendekatkan diri kepada Allah Swt. Amalan-amalan dalam mujahadah antara lain :

  1. a) Bacaan istighfar dan shalawat nabi
  2. b) Bacaan Asmaul Husna (Yaa Fattahu Ya Wahhab)
  3. c) Bacaan “LA HAULA WALA QUWWATA ILLA BILLAH”
  4. d) Bacaan Quran (Ayat-ayat pilihan dalam Al-Qur’an)

1)    Bacaan Al-FatIhah 21 kali, setiap sampai lafadz “iyyaka na’budu wa iyyaka nastain”  dibaca 21 kali   (ijazah dari Mbah Nasir  Setieng).

2)    Bacaan 2 ayat terakhir surat Yassiin (ayat 82-83): “INNAMA AMRUHU IDZA ‘ARRODA SYAI’AN ANYAQULLA LAHUU KUN FAA YA KUUN” dan “FASUBHANALLADZI BIYADIHI MALAKUUTU KULLI SYAI-‘IN WA ILAIHI TURJA’UUN” setiap selesai shalat fardhu. (Ijazah dari Habib Luthfi bin Yahya – Pekalongan”.

3)    Bacaan Surat Alam Nasyroh (ayat 1-8)

Berdoa, yaitu meminta atau memohon kepada Allah dengan sepenuh hati yang khusu’. “ud’ûnî astajib lakum” yang artinya : Mohonlah (mintalah) kamu kepada-Ku, pa

Do’a Memohon pertolongan kemudahan dalam ujian

“Allahummaj’allumi wal imtihanaati minannasihiina”, artinya Ya Allah jadikanlah belajar & ujianku berada dalam keberhasilan

Bismillah, Allaahumma ‘allimnii bimaa yanfa’unii wanfa’nii bimaa ‘allamtanii innaka antal ‘aliimulkhabiiru
“Ya Allah, ajarilah aku akan segala hal yang bermanfaat bagiku dan berilah manfaat semua pengetahuan yang telah aku pelajari. Sungguh Engkau Zat Yang Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana ”
 

اَللَّهُمَّ ارْزُ قْنَا حِفْظَ الْمُرْسَلِيْنَ. وَ اِلْهَامَ لْأَ نْبِيَاءِ٠ وَفَهْمَ لْأَ وْ لِيَاءِ. بِكَرَمِكَ يَا اَكْرَمَ ا لْأَ كْرَمِيْنَ٠ وَ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّا حِمِيْنَ .

Allaahummarzuqnaa hifzol mursaliin,wa ilhaamal Ambiyaa-i,wa fahmal awliyaa-i, bikaromika yaa Akromal Akromiin Wa birohmatika yaa Arhamarroohimiin.

Artinya : Yaa Allah berikanlah kami Ingatan / hapalan para Rasul, Ilham Para Nabi, Pemahaman Para Wali, dengan Kemuliaan-Mu Wahai Zat yang Maha Mulia dan dengan Rahmat-Mu Zat Yang Maha Pengasih dan Penyayang.

رَبِّ زِ دْ نِيْ عِلْمًا وَ رْ زُ قْنِى فَهْمًا. رَبِّ يَسِّرْ وَلاَ تُعَسِّرْ. رَبِّ تَمِّمْ بِالْخَيْرِ

Artinya : Yaa Allah Tambahkanlah ilmuku dan Berikanlah aku pemahaman, Yaa Tuhanku Permudahlah dan Jangan Engkau persulit, dan Tuhanku sempurnakanlah (ilmuku) dengan kebaikan

Allahumma Shollii `alaa sayyidinaa muhammadinil faatih lima ughliqa wal khatimi wannashiril haqqi bil haqqi wal haadi ilaa shiraathikal mustaqiimi wa`alaa aalihi washohbihi haqqa qadrihi wamiqdaarihil `azhimi.

Artinya : “Ya Allah limpahkanlah Rahmat dan keagungan atas tuan kami nabi Muhammad saw. yang menjadi pembuka bagi segala yang terkunci yang menjadi penutup bagi segala yang dahulu, yang memperjuangkan kebenaran dengan kebenaran dan yang menunjukan kepada-Mu yang lurus, dan juga atas keluarga dan para sahabatnya dengan hak kapasitas dan derajat yang agung”

رَبَّنَا آَتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Artinya : Yaa Tuhan Kami, berikanlah rahmat kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah  bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini

sumber :

http://aslammahmudi.blogspot.co.id/2012/04/bekal-untuk-siswa-siswi-ku-menghadapi.html

http://www.asmaul-husna.com/2015/09/bacaan-doa-sebelum-dan-sesudah-belajar.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s