LESSON STUDY

Tulisan ini merupakan tindak lanjut dari Workshop Lesson Study

In-country Training for Indonesian Teachers/Educators
Lesson Study: Promoting Collegial Collaboration and Continuing Professional Development
10-14 October 2016
at Education Department, District of Situbondo, East Java, Indonesia

20161010_0835321

Lesson Studi pada dasarnya adalah untuk mempelajari bagaimana cara kita mengajar. Lesson Studi berupaya mempelajari cara kita mengajar dengan tujuan yaitu untuk meningkatkan kualitas kita dalam mengajar (quality improvement in teaching skill).

dengan Nara Sumber Mr. Lee Shok Mee from Malaysia dan Mr Pedro L Montecillo from Philipines

Catatan dalam Lesson Studi ini adalah

  1. Lesson Study bertujuan untuk memperbaiki kulitas dalam mengajar bukan menilai kemampuan mengajar
  2. Guru atau kolega memberikan masukan untuk perbaikan pengelolaan pembelajaran bukan dalam pengertian mengkritisi tetapi lebih mengarah terhadap evaluasi diri
  3. Dalam melakukan lesson Studi diperlukan sejumlah guru dengan keahlian atau mapel yang diajarkan harus sama berjumlah minimal 3 atau maksimal 8 dan jumlah ideal adalah 5.
  4. Lesson Study diupayakan tidak mengganggu jam mengajar atau membutuhkan biaya yang besar, karena fokusnya lebih pada perbaikan pengelolaan kegiatannya
  5. Pembuatan Lesson Plan merupakan persyaratan mutlak dalam pelaksanaan Lesson Study

berikut file-file yang di fasilitasi oleh SEAMEO / RECSAM sebagai pelaksana program Workshop Lesson Studi ini

a. materi asli Lesson Study SEAMEO/RECSAM

b. Lesson Plan

c. Multiplier Effect / Proposal Lesson Plan

20161014_0701001

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s