Pengembangan Kurikulum Berbasis Al-Quran/Hadits di SMA Ibrahimy

Dalam rangka Integrasi sekaligus pengembangan kurikulum berbasis Al-quran atau Integrasi Sains dan Religi, maka SMA Ibrahimy Sukorejo membentuk Tim Khusus Pengembangan Kurikulum Terpadu Berbasis Al-Quran dan Hadits.

Adapun langkah pengembangan yang dilakukan adalah

  1. Pembuatan Tim Tujuh sebagai Tim Penggerak sekaligus Pendamping
  2. Pemetaan Rencana Pengembangan
  3. Pembuatan Draf Acuan / Format pengembangan dalam bentuk Analisis SKL, KI, KD serta Indikator yang memasukkan Ayat-ayat Alquran dan Hadits dalam bentuk integrasi atau basis
  4. Pembahasan Draf Acuan dengan Tim Pakar Penelaah Kurikulum dan Ahli di bidang Al-Quran dan Hadits
  5. Pengembangan Analisis SKL, KI, KD serta Indikator bersama Dewan guru dalam kelompok MGMP per mapel
  6. Rapat pleno pengembangan dengan melibatkan Tim Pakar dan Ahli dari PT berbasis Sains dan religi
  7. Pengesahan Dokumen Pengembangan Kurikulum berbasis Al-quran dan Hadits

Tahapan Pengembangan Kurikulumnya

  1. Analisis SKL, KI dan KD
  2. Analisis Indeks Pencapaian Kompetensi
  3. Pengembangan Silabus
  4. Pembuatan RPP

Komponen Silabus Pembelajaran memuat sekurang-kurangnya komponen poin 1 sampai 9. Dalam silabus berbasis SQL, kami menambahkah Ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tema setiap dasar kompetensi ataupun kompetensi dasar. Berikut keseluruhan komponen silabus berbasis SQL:

  1.  Identitas Silabus Pembelajaran
  2.  Standar Kompentensi
  3. Kompetensi Dasar
  4.  Materi Pembelajaran
  5.  Kegiatan Pembelajaran
  6.  Indikator Pencapaian Kompetensi
  7. Penilaian
  8.  Alokasi Waktu
  9. Sumber Belajar
  10. Dasar Al-Qur’an/ Hadist

Komponen-komponen silabus di atas,  disajikan dalam contoh format silabus secara horisontal sebagai berikut.

Silabus Pembelajaran

Sekolah                                   :  SMA IBRAHIMY SUKOREJO

Kelas/Semester             :  ….. / …….

Mata Pelajaran              :  …….

Standar Kompetensi      : ………..

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan

Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
*)Ayat Alqur’an

Kolom Lanjutan

Penilaian Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

Catatan:

*    Ayat Al-Qur’an disertakan dalam kolom Kompetensi Dasar dalam bentuk berbasis alqur’an atau pengintegrasian alquran

*   Kegiatan Pembelajaran: kegiatan-kegiatan yang spesifik yang dilakukan siswa untuk mencapai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

*    Alokasi waktu: termasuk alokasi penilaian yang terintegrasi dengan pembelajaran  (n x 45 menit)

*    Sumber belajar: buku teks, alat, bahan, nara sumber, atau lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s