Tugas Terstruktur dan Tugas Tidak Terstruktur

A. Tugas Terstruktur

Tugas Terstruktur adalah tugas yang diberikan kepada siswa dalam rangka meningkatkan pemahamannya terhadap suatu materi pembelajaran dimana waktu pengumpulan ditentukan oleh guru biasanya ditentukan pada pertemuan berikutnya. Sehingga siswa harus menyelesaikan tugas tersebut dan menyerahkannya pada batas waktu yang ditetapkan. Biasanya guru memberikan tugas ini sebagai tugas mandiri untuk mengukur pencapaian anak.

Tugas terstruktur sebaiknya diberikan secara kontinyu tetapi jumlahnya sedikit, misalkan 1-5 soal tetapi rutin diberikan penugasan setiap 2 pertemuan atau 1 pertemuan.

manfaat dari tugas ini bagi siswa adalah untuk lebih meningkatkan pemahaman materi melalui kegiatan membaca dan mengerjakan soal di rumah sehingga dapat menimbulkan sikap disiplin dan percaya diri pada siswa, sedangkan bagi guru bermanfaat untuk mengetahui kekurangan dan kelebihannya dalam menyampaikan materi, mengetahui pencapaian siswa terhadap materi yang diberikan serta meningkatkan profesionalisme guru.

Tugas terstruktur juga memberikan manfaat bagi wali murid untuk mengamati perkembangan puteranya sekaligus melihat kedisiplinan dan tanggung jawabnya

 

B. Tugas Tidak Terstruktur

Tugas tidak terstruktur adalah tugas yang diberikan kepada siswa dalam jangka waktu yang cukup lama misalkan satu bulan atau bahkan satu semester. Pengumpulan tugas dilakukan tidak selalu bersamaan artinya apabila siswa atau kelompok siswa mampu menyelesaikan terlebih dahulu bisa mengumpulkan lebih cepat. Bentuk tugas yang diberikan seringkali merupakan tugas proyek atau tugas kelompok/group.

Tugas tidak terstruktur bermanfaat untuk membiasakan peserta didik untuk bekerja secara kelompok atau dalam tim, memberikan kesempatan siswa untuk berkreasi dan menumbuhkan sifat percaya diri.

tugas terstruktur juga dapat dimanfaatkan untuk mengarahkan pembelajaran pada tema tema yang lebih kontekstual dan bernilai variatif dengan memnfaatkan sumber belajar yang beragam seperti berbasi konten informasi dari dunia IT atau informasi dari lingkungan dan observasi.

TUGAS TERSTRUKTUR

DAN TUGAS MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR

Sekolah               :  SMA Ibrahimy Sukorejo                                            Kelas                   :  XII

Prog.                   :  IPA                                                                                 Semester             :  Gasal

Mata Pelajaran     :  Matematika                                                              Tahun Pelajaran    :  2016/2017

 

NO. KOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN TUGAS KEGIATAN WAKTU PENYELESAIAN KET.
1. 3.1 Menganalisis konsep, nilai determinan dan sifat operasi matriks serta menerapkannya dalam menentukan invers matriks dan dalam memecahkan masalah. 1.       Determinan ;

ordo 1×1, 2×2, 3×3

minor

kofactor

2.       Sifat operasi matrik ;

Penjumlahan/pengurangan

Perkalian dengan scalar

Perkalian 2 matriks

3.       Invers matriks :

Ordo 2×2, 3×3

4.       Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPL 3 variabel menggunakan matriks

 

Pelajari kompetensi MATRIKS. Terutama materi pembelajaran yang tertulis di kolom samping kiri. Dan berikan contoh latihan soal masing-masing cukup 2 soal beserta jawabannya. Dikumpulkan paling lambat tanggal 2 Oktober 2015 Tugas terstruktur
Buatlah 5 soal beserta jawabannya masalah sehari-hari yang berkaitan dng SPL 3 variabel menggunakan matriks Paling lambat 7 hari setelah masuk sekolah Tugas Mandiri Tidak Terstruktur
  3.2     Memahami konsep barisan tak hingga sebagai fungsi dengan daerah asal himpunan bilangan asli dan menerapkannya dalam menyelesaikan berbagai masalah. Barisan tak hingga Pelajari dan berkan contoh soal beserta jawabannya mengenai barisan tak hingga dalam kehidupan sehari-hari

 

Dikumpulkan paling lambat tanggal 2 Oktober 2015 Tugas terstruktur
           

Sukorejo, 12 September 2016

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

Abduh Rahman, S.Ag                                                            Dadan Haedar Rauf, S.Si

NIP. —                                                                         NIP. 19760422 200903 1 002

demikian bahasan tugas terstruktur dan tidak terstruktur ini semoga bermanfaat bagi rekan guru sekalian

 

Salam Berbagi dengan Ikhlas With Mr. Dans

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s