FULL-DAY SCHOOL

Pada pertengahan tahun 1990, di Indonesia mulai muncul istilah sekolah unggul (excellent schools). Gerakan keunggulan (excellent movement) ini, kemudian dikembangkan oleh pengelola pendidikan di tingkat satuan pendidikan (sekolah) dalam bentuk-bentuk sekolah yang mempunyai trade mark yang corak dan ragamnya terus berkembang. Salah satu contohnya adalah sekolah full day yang berbasis keislaman ditandai dengan bermunculannya SD IT, SMP Islam Terpadu.
Full day school merupakan program pendidikan yang seluruh aktivitasnya berada di sekolah sepanjang hari (sejak pagi sampai sore). Tujuannya yaitu  meningkatkan pencapaian tujuan pendidikan dan pembelajaran dengan penambahan jam pelajaran agar siswa mampu mendalami sebuah mata pelajaran dengan jatah waktu yang
proporsional selama sehari penuh. Di antaranya melalui pengayaan atau pendalaman materi pelajaran yang telah ditetapkan dalam kurikulum dan melalui pembinaan jiwa serta moral anak dalam bentuk pengayaan
pendidikan agama dan praktiknya sebagai pembiasaan hidup yang baik.

Di negara maju seperti Amerika Serikat dan negara eropa , sistem full day school memang sudah berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan orang tua memiliki kesibukan yang cukup tinggi sehingga mempercayakan pendidikan pada sekolah. Karenanya penerapan di Indonesia, penerapan full day school baru dibutuhkan di kota-kota besar saja. Di kota besar, sistem ini bisa dilaksanakan karena kesibukan para orangtua, dan keterbatasan ruang gerak anak-anak. Tetapi untuk daerah-daerah yang memiliki alam terbuka yang sangat memungkinkan anak untuk mengeksplor dirinya, maka sistem ini belum begitu diperlukan.

Sekolah dengan sistem full day school harus mempunyai program yang baik, kurikulumnya harus jelas, sesuai dengan tingkatan pendidikan. Depdiknas belum mengaturnya, yang penting standar pendidikannya terpenuhi dan ditegakkan. Semuanya dilakukan sebagai upaya meningkatkan mutu. Sekolah mempunyai kebebasan  untuk berkreativitas, bertanggungjawab, dan juga memiliki otonomi yang sebesar-besarnya, sehingga timbul kompetisi satu sama lain.
Dalam melaksanakan full day school,  sekolah

  1. harus mempertimbangkan, kesiapan atau ketersediaan sarana rasarana dan kesiapan fisik lainnya.
  2. Pola manajemen sekolah (MBS) yang baik,
  3. penerapan pembelajaran berciri pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM),
  4. memahami pengaruh perubahan pola belajar dan pola hidup siswa serta
  5. melakukan sosialisasi kepada orang tua dan masyarakat.

Manfaat dari full day school antara lain:
1. Anak mendapatkan metode pembelajaran yang bervariasi dan lain daripada sekolah dengan program reguler.
2. Selain belajar, anak memiliki banyak waktu bermain dengan teman sebaya.
3. Orang tua tidak akan merasa khawatir, karena anak-anak akan berada seharian di sekolah yang artinya sebagian besar waktu anak adalah untuk belajar.
4. Orang tua tidak akan takut anak akan terkena pengaruh negatif karena berada dalam pengawasan sekolah.

Dalam penyusunan sebuah program Full Dayy School haruslah digunakan indikator yang jelas . Beberapa indikator pelaksanaan program Full Day School meliputi :

1. Karakter Agama, adalah tujuan pembentukan kepribadian peserta didik dalam penguasaan bidang keagamaan yang diberikan secara intensif oleh pihak Sekolah dengan program pembelajaran yang secara inheren menjadi bagian kurikulum yang diterapkan. Pembinaan karakter ini dapat ditetapkan dari para pendidik yang memiliki kompetensi khusus di bidang keagamaan.

2. Kedua, Karakter Nasionalisme merupakan bentuk karakter kebangsaan yang diberikan kepada peserta didik dalam rangka menumbuhkembangkan semangat cinta tanah air serta bela bangsa. Kegiatan ini dapat berupa pembinaan mental dan fisik dalam membangun sikap dan perilaku yang penuh rasa memiliki (sance of belonging) terhadap Bangsa dan Negara. Hal yang dapat dilakukan dalam capaian karakter ini adalah program kepramukaan, palang Merah, olah raga, kesenian, dan kebudayaan.

3. Ketiga,  Karakter Produktivitas sebagai karakter mental kemandirian peserta didik yang dapat berpikir kreatif, inovatif dan produktif untuk memanfaatkan waktu, sehingga diharapkan kedepan terbangun generasi yang memiliki jiwa entreupreneurship. Model karakter ini dalam dilakukan dengan bentuk pembelajaran berwirausaha yang dikembangkan di lingkungan Sekolah. Dan,

4. Keempat Karakter Kompetensi merupakan pembentukan jiwa berkeahlian tinggi agar peserta didik dapat menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan yang menjadi pilihan disiplin ilmunya, sehingga dapat tercapai kualitas pendidikan secara utuh baik dalam segi teoritis maupun praktis. Bentuk penerapan dalam pencapaian karakter ini adalah dengan memberikan model pembelajaran keterampilan khusus baik di bidang bahasa, keahlian, maupun pengayaan profesi.

Pendidikan dengan pembelajaran program full day school diharapkan menjadi alternatif yang dapat memenuhi tuntutan pendidikan di masa sekarang. Melalui pembelajaran program full day school, peserta didik dibekali dengan nilai-nilai agama atau moralitas yang tinggi sehingga mereka tidak menjadi korban arus informasi global.

full day school diharapkan mampu menanamkan kebiasaan hidup mandiri, terampil dan menjunjung tinggi nilai-nilai moralitas. Hal ini dapat dilakukan sebab integrasi dan interaksi yang terjadi antara peserta didik dengan guru dalam pembelajaran, terjadi lebih intens dibandingkan dengan sekolah reguler, sehingga kegiatan dan aktifitas peserta didik dapat dikendalikan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran yang baik dan berkualitas akan mampu menentukan kualitas pembelajaran program full day School. Pengelolaan pembelajaran yang baik akan meningkatkan keberhasilan kualitas peserta didik.

sumber :

http://www.jurnaltangerang.co/berita-manajemen-sekolah-berbasis-full-day-school.html

Advertisements

One thought on “FULL-DAY SCHOOL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s